Selasa, 09 Oktober 2012

Proses Pengendalian Manajemen pada PT Indosat, Tbk



Pada proses pengendalian manajemen, terdapat perbedaan manajer dalam gaya kepemimpinan, kemampuan interpersonal, kemampuan teknis, pengalaman, dan pendekatan dalam pembuatan keputusan. Karena itu, dalam proses pengendalian manajemen terdapat proses interaksi antara manajer dan interaksi antara manajer dengan karyawan. Kegiatan-kegiatan dalam proses pengendalian manajemen formal meliputi perencanaan strategi, penyusunan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam analisa akan dibedakan antara proses pengendalian manajemen pada perusahaan dan pengendalian manajemen pada divisi secara khusus.
1)       Perencanaan Strategi
Perencanaan strategi perusahaan harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang ada. Sebelum melakukan analisis pada perencanaan strategi, digunakan analisa SWOT umtuk mengetahui kondisi perusahaan. Strengths (kekuatan) yang dimiliki perusahaan, yaitu :
ü       Adanya hak duopoli
ü       Pengalaman dalam mengelola bisnis telekomunikasi internasional
ü       Rangkaian produk dan jasa yang luas
ü       Memiliki teknologi yang mutakhir
ü       Kualitas produk dan jasa
ü  Adanya citra perusahaan yang baik
Weaknesses (kelemahan) yang dimiliki perusahaan, yaitu:
ü  Kurangnya keinginan bersaing secara ketat karena adanya hak duopoli yang dimiliki.
Opportunities (kesempatan) yang dimiliki perusahaan, yaitu :
ü    Besarnya pasar domestik yang belum tergarap
ü  Perluasan bisnis baru yang mencakup core bisnis yang cukup menguntungkan
ü    Bisnis telekomunikasi global yang menjanjikan.
Threats (Ancaman) untuk perusahaan adalah
ü  Masuknya pendatang baru terutama dari luar negri sehubungan dengan berakhirnya hak duopoli yang dimiliki
ü    Adanya kompetisi global yang memasuki pasar domestik
ü  Krisis ekonomi yang melanda Indonesia.

Visi PT Indosat adalah menjadi penyelenggara jasa dan jaringan telekomunikasi terpadu berfokus seluler/ nirkabel yang terkemuka di Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, PT Indosat menerapkan strategi bisnis yakni dengan business focus re-engineering dan restrukturisasi organisasi yang berkelanjutan. Pada business focus re-ngineering, indosat fokus pada segmen seluler. Sedangkan pada restrukturisasi organisasi, indosat melakukan implementasi integrasi operasi satelindo dan IM3 melalui Indosat’s Cellular Integration Team, yakni satu jaringan, satu keputusan manajemen dan financial, serta sentralisasi manajemen. Disini ditekankan indosat sebagai operating seluler dan bukan sebagai holding company. Strategi-strategi ini dilihat sebagai target jangka panjang PT Indosat
Sehubungan dengan krisis ekonomi, ditambah dengan krisis moneter yang melanda Indonesia, PT Indosat juga terkena imbasnya dan mengalami masa sulit. Banyak bisnis di Indonesia yang terhambat karena kondisi ekonomi yang fluktuatif, ketidakstabilan politik, dan gejolak sosial. Situasi tersebut mempengaruhi pertumbuhan permintaan jasa telekomunikasi internasional di Indonesia. Dalam hal ini, indosat perlu berhati-hati dalam kegiatan operasi dan manajemen financial, terutama terhadap mata uang asing (nilai tukar rupiah terhadap dolar).
Oleh karena itu, PT Indosat perlu mencari cara yang ekonomis untuk menurunkan beban pembelanjaan pada mata uang asing, misal dengan mengurangi sirkuitnya, yakni dengan menggunakan sirkuit kabel yang lebih murah daripada satelit yang memakan biaya banyak. Karena lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah, biaya telekomunikasi menjadi meningkat, oleh karena itu untuk beban operasilonal sebaiknya diupayakan lebih rendah dari pendapatan operasional perusahaan, serta meningkatkan profit margin. PT Indosat juga perlu melakukan suatu kebijakan yang menyangkut situasi krisis ekonomi di Indonesia, dan dalam hal ini indosat perlu memperhatikan dana utang perusahaan.
PT Indosat perlu memperhatikan kinerja anak perusahaannya. Untuk mencegah dampak dari kinerja anak perusahaan indosat, maka indosat perlu melakukan diversifikasi bisnis, yang dapat memperbaiki posisi keuangan perusahaan dalam jangka pendek dan sesuai dengan strategi jangka panjangnya.

2)      Penyusunan Anggaran.
Anggaran merupakan bagian yang penting untuk perencanaan efektif jangka pendek dan kontrol dalam organisasi. Penyelenggaraan anggaran biasanya meliputi satu tahun. Anggaran mempunyai karakteristik sebagai berikut:
ü  Anggaran memperkirakan keuntungan yang potensial dari unit usaha perusahaan.
ü  Dinyatakan dalam istilah moneter.
ü  Biasanya meliputi waktu selama satu tahun.
ü  Merupakan perjanjian manajemen, bahwa manajer setuju untuk bertanggung jawab untuk pencapaian tujuan dari anggaran.
ü  Usulan anggaran diperiksa dan disetujui oleh pejabat yang lebih tinggi dari pembuat anggaran.
ü  Sekali disetujui, anggaran hanya dapat dirubah dalam kondisi tertentu.
ü  Secara berkala kinerja keuangan aktual dibandingkan dengan anggaran dan perbedaannya dianalisis dan dijelaskan.
Penyusunan anggaran pendapatan tahunan PT Indosat,Tbk dilakukan oleh bagian penyusunan anggaran, yaitu Group Controlling khususnya pada Divisi Revenue Analysis and Controlling. Divisi ini berada dibawah tanggungjawab dan koordinasi Group Head (GH) Controlling. Divisi ini berfungsi untuk menganalisis dan mengontrol setiap revenue yang ada di PT Indosat, Tbk. Divisi Revenue Analysis and Controlling sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni Cellular Revenue Analysis & Controlling, Fixed-MIDI Revenue Analysis & Controlling, Region Revenue Analysis & Controlling.   Bagian Fixed-MIDI Revenue Analysis & Controlling mempunyai fungsi sebagai berikut :
ü  Mengevaluasi dan menganalisis Fixed & MIDI revenue untuk setiap produk dan jasa.
ü  Membuat laporan bulanan PT IndosatPCO (Parent Company Only)
ü  Melakukan koordinasi dengan departemen lainnya, khususnya untuk implementasi program pada jaringan dan IT yang berhubungan dengan Fixed & MIDI revenue
ü  Mengevaluasi dan menjalankan SAP module yang berhubungan dengan Fixed & MIDI revenue
ü  Menargetkan revenue untuk "revenue driver Group and analyze"
ü  Menargetkan revenue setting untuk Director KPI dan menyediakan sesuai dengan realisasinya.
Dilihat dari proses penyusunan anggaran pada PT Indosat,Tbk sudah baik. Hal ini antara lain karena melibatkan semua divisi dan cabang yang ada di perusahaan, sesuai dengan pendapat Anthony dan Govindarajan (2007), proses penyusunan anggaran merupakan suatu proses negosiasi antara manajer pusat pertanggungjawaban dengan atasannya. Sebagai perusahaan besar, PT Indosat,Tbk menyusun anggaran untuk menghasilkan anggaran perusahaan secara umum dan anggaran terinci dari masing-masing divisi. Kepala divisi diberi tanggung jawab untuk melakukan otorisasi jumlah yang diijinkan untuk dikeluarkan dalam anggaran setiap divisi dengan menggambarkan kinerja yang akan dihasilkan sehingga anggaran ini juga menjadi salah satu dasar untuk menilai kinerja divisi. Keterlibatan direksi sebagai manajer puncak dalam menyusun anggaran membuat sistem anggaran dapat secara efektif memotivasi para pelaksana dan pengusul anggaran.

3)      Pelaksanaan
Pelaksanaan Pengendalian Perusahan pada PT. Indosat, Tbk di pegang oleh Direktur Utama dibantu tujuh Direktur yang masing-masing membawahi satu direktorat.Dalarn satu direktorat terbagi lagi menjadi beberapa Group, masing-masing dikepalai oleh seorang Group Head (GH). Setiap Group Head membawahi beberapa Divisi yang dikepalai oleh seorang Division Head (DH), dibantu oleh beberapa Manager yang masing-masing membawahi suatu Bagian. Adapula beberapa fungsi/tugas untuk setiap divisi yang meliputi:
ü  Direktur Utama, bertugas memimpin, mengawasi, mengkoordinasi tugas-tugas dan PT Indosat sesuai peraturan perundang-undanganyang berlaku.
ü  Wakil Direktur Utama, bertugas membantu dalam pelaksanaan menjalankan roda perusahaan.
ü  Direktur, bertugas mengkoordinasi, melaksanakan pengawasan terhadap unit
pelaksanaan operasionalyang dibawahinya.
ü  GroupHead, bertugas:
·       Mengarahkan, mengkoordinasidan mengevaluasi pelaksanaan ketja dan bagianbagian yang ada dalam Group tersebut.
·       Mengevaluasi dan merumuskan kebijakan Direktur yang bersangkutan dan
mengimplementasikan pada masing-masing divisi serta menyampaikan
alternatif penyempurnaan.
·      Mengevaluasi setiap masukan dan usulan yang diterima dari bagian masing-masing Division Head.
ü  Division Head, bertugas:
·      Mengerahkan, mengkoordiansi dan mengevaluasi pelaksaan kerja dari bagian-bagian yang ada dalam divisi tersebut.
·      Mengevaluasi setiap kebijakan direktur yang bersangkutan dan divisi masingmasing serta menyampaikan alternatifpenyempumaan.
·      Merumuskan kebijakan direktur ke dalam kegiatan operasional masing-masing divisi.
·      Mengevaluasi setiap masukan dan usulan yang diterima dari bagian masing-masing divisi.
Dari penjelasan di atas PT Indosat Tbk telah cukup baik dalam mengawasi pelaksanaan Pengendalian dan juga termasuk anggaran, hal ini semakin baik dengan di bentuknya Komite Audit. Komite Audit dari PT Indosat Tbk melaksanakan tugasnya berdasarkan perjanjian tertulis yang disahkan oleh Dewan Komisaris. Berdasarkan perjanjian, Komite harus terdiri atas sekurang-kurangnya satu orang Komisaris Independen dan dua tenaga ahli independen eksternal sebagai anggota. Salah seorang Komisaris Independen diangkat sebagai Ketua.

Dari analisis diatas dapat disimpulkan, bahwa:
a.   Proses pengendalian manajemen PT Indosat Tbk terdiri dari: perencanaan strategi, penyusunan anggaran dan pelaksanaan.
b.   PT Indosat Tbk menerapkan strategi bisnis yakni dengan business focus re-engineering dan restrukturisasi organisasi yang berkelanjutan. Pada business focus re-ngineering, indosat fokus pada segmen seluler. Sedangkan pada restrukturisasi organisasi, PT Indosat Tbk melakukan implementasi integrasi operasi satelindo dan IM3 melalui Indosat’s Cellular Integration Team.
c.   Penyusunan anggaran pendapatan tahunan PT Indosat,Tbk dilakukan oleh bagian penyusunan anggaran, yaitu Group Controlling khususnya pada Divisi Revenue Analysis and Controlling. Divisi ini berada dibawah tanggungjawab dan koordinasi Group Head (GH) Controlling. Divisi ini berfungsi untuk menganalisis dan mengontrol setiap revenue yang ada di PT Indosat, Tbk.
d.   Pelaksanaan Pengendalian Perusahan pada PT. Indosat, Tbk di pegang oleh Direktur Utama dibantu tujuh Direktur yang masing-masing membawahi satu direktorat.Dalarn satu direktorat terbagi lagi menjadi beberapa Group, masing-masing dikepalai oleh seorang Group Head (GH). Setiap Group Head membawahi beberapa Divisi yang dikepalai oleh seorang Division Head (DH), dibantu oleh beberapa Manager yang masing-masing membawahi suatu Bagian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar